assalamu'alaikum....

Jumat, 27 Januari 2012

CARA MENGATASI INFLASI






1.   Kebijakan Moneter
Kebijakan moneter dapat dilakukan melalui instrument-instrumen berikut:
·         Politik diskoto (Politik uang ketat): bank menaikkan suku bunga sehingga jumlah uang yang beredar dapat dikurangi.
·         Politik pasar terbuka: bank sentral menjual obligasi atau surat berharga ke pasar modal untuk menyerap uang dari masyarakat dan dengan menjual surat berharga bank sentral dapat menekan perkembangan jumlah uang beredar sehingga jumlah uang beredar dapat dikurangi dan laju inflasi dapat lebih rendah.
·         Peningkatan cash ratio: Menaikkan cadangan uang kas yang ada di bank sehingga jumlah uang bank yang dapat dipinjamkan kepada debitur/masyarakat menjadi berkurang. Hal ini berarti dapat mengurangi jumlah uang yang beredar.
2.   Kebijakan Fiskal
Kebijakan fiskal dapat dilakukan melalui instrument berikut:
·         Mengatur penerimaan dan pengeluaran pemerintah. Pemerintah tidak menambah pengeluarannya agar anggaran tidak defisit.
·         Menaikkan pajak. Dengan menaikkan pajak, konsumen akan mengurangi jumlah konsumsinya karena sebagian pendapatannya untuk membayar pajak.
3. Kebijakan Non Moneter
Kebijakan non moneter dapat dilakukan melalui instrument berikut:
·         Mendorong agar pengusaha menaikkan hasil produksinya.
·          Menekan tingkat upah.
·         Pemerintah melakukan pengawasan harga dan sekaligus menetapkan harga maksimal.
·         Pemerintah melakukan distribusi secara langsung.
·         Penanggulangan inflasi yang sangat parah (hyper inflation) ditempuh dengan cara melakukan sneering (pemotongan nilai mata uang). Senering ini pernah dilakukan oleh pemerintah pada tahun 1960-an pada saat inflasi mencapai 650%. Pemerintah memotong nilai mata uang pecahan Rp. 1.000,00 menjadi Rp. 1,00.
·         Kebijakan yang berkaitan dengan output. Kenaikan output dapat memperkecil laju inflasi. Kenaikan jumlah output ini dapat dicapai misalnya dengan kebijakan penurunan bea masuk sehingga impor barang cenderung meningkat. Bertambahnya jumlah barang di dalam negeri cenderung menurunkan harga.
·         Kebijakan penentuan harga dan indexing. Ini dilakukan dengan penentuan ceiling price.
4.   Kebijakan Sektor Riil
Kebijakan sektor riil dapat dilakukan melalui instrument berikut:
·         Pemerintah menstimulus bank untuk memberikan kredit lebih spesifik kepada UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Contohnya bank BRI mencanangkan tahun ini sebagai Microyear.
·         Menekan arus barang impor dengan cara menaikkan pajak.
·         Menstimulus masyarakat untuk menggunakan produk dalam negeri.

INFLASI dan PENGANGGURAN

Kurva yang menggambarkan hubungan antara inflasi dan tingkat pengangguran dinamakan Kurva Philip. Sifat umum dari Kurva Philip adalah pada mulanya kurvanya menurun sangat curam, tetapi semakin lama bertambah landai. Kurva yang demikian menggambarkan sifat perkaitan sebagai berikut:
1.   Apabila tingkat pengangguran sangat rendah, tingkat upah semakin cepat kenaikannya. Perhatikan titik E dan F. Titik E menggambarkan pengangguran adalah 3% dan kenaikan upah 9%. Sedangkan titik F menggambarkan tingkat pengangguran adalah 4% dan tingkat kenaikan upah mencapai 6,5%.
2.   Apabila tingkat pengangguran relatif tinggi, kenaikan upah relatif lambat berlakunya. Keadaan ini ditunjukkan dengan jelas oleh pergerakan dari titik C ke titik D. pengurangan tingkat pengangguran dari 10% ke 8% hanya menaikkan upah sebanyak hamper satu setengah persen.


http://forumbebas.com/images/FBI/line.png

1 komentar:

  1. coba cek link ini gan:

    http://signup.wazzub.info/?lrRef=5ce00

    link ini untuk membawa anda menjadi pengangguran namun sukses...

    cara nya daftar kan diri anda di sini website ini sama seperti Google
    selama anda OL anda menggunakan mesin pencarian google untuk mencari tugas tapi tanpa anda ketahui sembari anda mencari tugas google sudah mengantongi $ yang begitu banyak... bayangkan $1 per pengunjung setiap hari kalikan saja manusia yang OL setiap hari dan memakai mesin pencarian google kira2 jutaan jiwa kalikan saja jutaan x $1 = .... gila bener google makan sendiri sob

    apa anda mau memperkaya orang ??? he he he
    mending anda memperkaya orang dengan catatan anda mendapat komisi nah mesin pencarian baru WAZZUB ingin membagi sedikit penghasilan kepada seluruh masyarakat dunia yang gabung akan dapat $1/bulan nya tanpa melakukan apa2...

    hanya dengan bergabung saja anda mendapat $1/bulan dan dengan mengajak teman anda mendapat lebih dari itu.... ayo ini gratis dan tidak di pungut biyaya...

    gabung sekarang untuk mendapatkan uang sebanyak2 nya...

    kesempatan mendaftar hanya sampai 3bulan kedepan saja yaitu sampai 9 april 2012 jadi buruan daftar dan ajak teman anda sebanyak2 nya untuk gabung anda tidak akan menyesal karena gaji yang di tawarkan seumur hidup....
    APAKAH ANDA MAU MENJADI PENGANGGURAN SUKSES ????
    PENGANGGURAN SUKSES adalah cita2....
    wujudkan cita2 mu menjadi sukses di sini teman....

    anda tidak percaya?!?!
    kalau begitu anda sama seperti saya waktu pertama kalinya,,,
    tetapi saya berani jamin pikiran anda akan berubah setelah singup dan mebaca FAQ atau fakta-fakta dari mereka.

    life is choice!!!

    indahnya berbagi^_^

    BalasHapus

bintang